Jumat, 24 April 2009

PD. Gayo Lues Mentalu


I. Gambaran Umum

Perusahaan Daerah Gayo Lues Mentalu (PD. GLM) adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Gayo Lues didirikan pada tanggal 28 Agustus 2007 sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Gayo Lues Nomor 12 Tahun 2007.

PD. GLM sebagai unit ekonomi yang tidak dapat dipisahkan dari sistem ekonomi Kabupaten Gayo Lues, bertujuan membantu dan menunjang kebijakan umum pemerintah kabupaten dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengusahakan bidang ekonomi dan bisnis.

Bidang usaha PD. GLM sesuai Pasal 5 Perbup Gayo Lues Nomor 12 Tahun 2007 direncanakan bergerak di bidang pertanian/agrobisnis, perindustrian dan perdagangan, pertambangan dan energi, jasa konstruksi dan properti, jasa penyewaan dan Asphalt Mixing Plant (AMP).

Base Camp PD.GLM dibangun di atas lahan seluas 2,5 Ha yang berlokasi di Kampung Ketukah, Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues. Kegiatan utama AMP dan SCP sengaja dibangun di Kampung Ketukah karena selain lokasi yang strategis PD.GLM juga telah memiliki tempat pengambilan material pasir dan batu koral yang berlimpah di tempat yang sama seluas 2 Ha.

Untuk saat ini PD. GLM telah memiliki AMP, Stone Crusher Plant (SCP), Alat-alat berat dan alat pendukung lainnya untuk pelaksanaan pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi infrastruktur (jalan) dan yang lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. Semua aktifitas dan peralatan telah beroperasi mulai tanggal 11 Desember 2008 setelah diresmikan oleh Bupati Gayo Lues Bpk H. Ibnu Hasim. AMP AZP 48-60 T/H milik PD.GLM dapat mengolah asphalt hotmix sebanyak 20 M³ per-jam, begitu juga dengan SCP Shan Bao 40-60 T/H dapat memproduksi material/agregat sebanyak 20 M³ per-jam.

II. Visi dan Misi

Visi:

Terwujudnya masyarakat Gayo Lues yang makmur sejahtera melalui kompetisi bisnis sehat dalam membangun tata ekonomi daerah dinamis, mandiri, maju & berbudaya entrepreneur.

Misi:

1. Menjadikan GLM sebagai perusahaan terkemuka dalam membangun

ekonomi Gayo Lues yang dinamis, mandiri dan berbudaya entrepreneur

2. Menjadikan GLM sebagai institusi bisnis sukses mendorong dan memberi konstribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah (PAD) Gayo Lues

3. Menjadi motivator percepatan akselerasi pembangunan dan stabilisasi ekonomi daerah melalui usaha produktif di sektor yang mendukung program unggulan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

4. Dengan berpedoman pada asas bisnis prospektif dan produktif, PD.GLM tetap mengedepankan fungsi sosial guna mencapai kehidupan masyarakat Gayo Lues yang sejahtera dan berkeadilan sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar